Senin, 06 Oktober 2014

Penggunaan Lahan Kabupaten Temanggung

Penggunaan lahan di Kabupaten Temanggung berupa sawah, bangunan, tegal/huma, kolam/empang, hutan negara/rakyat, perkebunan negara/swasta, dan lahan lainnya. Kawasan terbangun di Kabupaten Temanggung menyebar merata di setiap daerahnya. Hal tersebut dapat dilihat dari pola penggunaan lahan sebagai permukiman dan kegiatan pertanian. Penggunaan lahan sebagai permukiman dan kegiatan pertanian berada kelerengan 0–8% karena sebagian beasar wilayah di Kabupaten Temanggung memiliki kelerengan 0-8%, sementara penggunaan lahan sebagai hutan dan belukar/semak berada di kelerengan 25–40%.
Penggunaan Lahan Kabupaten Temanggung
Penggunaan lahan sebagai lahan terbangun di Kabupaten Temanggung tersebar di topografi datar (0-8%). Persebaran tertinggi berada di simpul-simpul utama tepatnya di sepanjang koridor utama yang melintasi Kecamatan Pringsurat, Temanggung, Kedu, Kranggan, Parakan, dan Kecamatan Ngadirejo.
Penggunaan lahan sebagai lahan non terbangun mendominasi tata guna lahan di Kabupaten Temanggung. Hal tersebut disebabkan oleh banyak hal seperti komoditas utama kabupaten yang berupa pertanian dan mata pencaharian penduduk sebagai petani yang menyebabkan kebutuhan terhadap lahan pertanian tinggi. Selain di Kecamatan Kaloran, penggunaan sawah irigasi banyak dijumpai di Kecamatan Kedu, Parakan, dan Ngadirejo. Sedangkan pemanfaatan lahan sebagai tegalan banyak dijumpai di Kecamatan Tretep, Wonoboyo, Kaloran, Bulu, Tembarak, dan Selopampang.
Daya Dukung Lahan Kabupaten Temanggung

           Sebagin besar Kecamatan di Kabupaten Temanggung dapat dimanfaatkan sebagai kawasan budidaya, dilihat berdasarkan klimatologi, jenis tanah dan kelerengan. Kawasan lindung dan penyangga terbsebar di kecamatan yang memiliki kelerengan curam seperti di Kecamatan Kledung, Bansari, Ngadirejo, Bulu, Tlogomulyo, Selopampang, Bejen dan Gemawang. Dalam kajian spatial justice ini, akan dimaksimalkan “keadilan” dalam perspektif keruangan, dengan melihat potensi, isu dan permasalahan dan sistem aktivitas dan pelayanan.

0 komentar:

Posting Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com